Jumat, 19 Agustus 2011

Cantik Dengan Manfaat Zaitun

Sahabat tentu sudah tahu dan mendengar banyak tentang buah zaitun. Yupz… Zaitun adalah salah satu buah tertua yang sangat populer di seluruh dunia. Zaitun menjadi buah yang sangat istimewa karena Al-Qur’an mengabadikannya sebagai salah satu pohon yang diberkahi. Mari kita lihat sejenak, kutipan dari kitab Zaadul Maad karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah yang membahas tentang keutamaan pohon zaitun:


Allah swt, berfirman tentang zaitun: 
”Yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya,(yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak disebelah timur dan tidak pula disebelah baratnya, yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api.” [QS. An-Nuur: 35]


Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah meriwayatkan dengan isnad yang jayyid, dari hadits Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda:


”Makanlah minyak zaitun dan minyakilah dengannya, karena ia berasal dari pohon yang penuh barakah.”


Kemudian Ibnu Qayyim melanjutkan lagi bahwa: 


Kualitas minyak zaitun tergantung dari kualitas buah zaitun. Perasan dari buah yang masak adalah yang paling baik. Minyak dari buah zaitun masih mentah bersifat dingin dan kering. Minyak dari buah zaitun yang merah berkualitas menengah dan dari buah zaitun yang hitam memiliki sifat yang panas dan lembab secara seimbang. Ia bermanfaat untuk membebaskan racun dan mengeluarkan cacing. Semua jenis minyak ini menghaluskan kulit dan menghambat tumbuhnya uban. Air zaitun yang asin baik untuk bekas luka karena kebakaran dan menguatkan gusi. Sedangkan daun zaitun digunakan untuk mengobati luka, gatal-gatal dan mencegah keringat. [Zaadul Maad, Buku 4]


Sejak jaman dulu kala, bangsa Mesir dan Romawi kuno menggunakan minyak zaitun (olive oil) sebagai obat andalan mereka. Bahkan sampai saat ini, minyak zaitun sangat populer bagi bangsa Mesir hingga Eropa. Bukan hanya digunakan untuk memasak, tetapi juga untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka. Hal disebabkan karena buah zaitun mengandung minyak sebesar 15 persen sehingga dapat melembabkan kulit dengan baik.


Minyak zaitun banyak mengandung vitamin E yang sangat dibutuhkan untuk menghentikan kerusakan sel-sel pemicu kanker. Selain itu juga, mengandung polifenol yang berperan sebagai penangkal radikal bebas. Vitamin E dan polifenol juga sangat berperan dalam merawat kesehatan kulit sehingga tetap segar dan awet muda. 


Buah zaitun juga dipakai untuk menjaga kemulusan dan kecantikan kulit para ratu Romawi dan Mesir sejak zaman dahulu. Kini, para pakar kecantikan modern banyak yang menggunakan minyak zaitun dalam pembuatan produk kosmetik maupun perawatan kecantikan.


Lalu, bagaimana cara sahabat merawat diri? Apakah dengan memanjakan diri ke salon dan menggunakan produk kosmetik yang harganya selangit? Segera beralihlah dengan menggunakan produk yang berbahan dasar minyak zaitun yang dapat Anda gunakan sendiri di rumah dan tentu saja akan lebih menghemat pengeluaran yang Anda gunakan untuk merawat kecantikan.




Referensi:
1. Syaamil Qur'an
2. Zaadul Maad, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, Jilid 4

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes